Analisa Teknikal VS Fundamental, Penting Mana?

Dua pembahasan kita sebelumnya adalah mengenai analisa teknikal dan fundamental. Kebanyakan orang memang berpendapat kalau analisa teknikal itu lebih penting dan lebih berguna dibandingkan analisa fundamental. Bahkan ada yang sampai mengesampingkan analisa fundamental dan tidak menggunakannya sama sekali.

Apakah pendapat ini benar?

Sebenarnya antara analisa teknikal dan fundamental saling berhubungan satu sama lain. Kombinasi antara keduanya akan menghasilkan analisa yang jauh lebih akurat apabila dibandingkan salah satu saja.

Analisa teknikal memperkirakan probabilitas kemana harga akan bergerak, dan analisa fundamental adalah faktor penggerak harga. Dimana terkadang ada faktor x yang membuat analisa teknikal tidak terbaca sempurna dan disempurnakan oleh analisa fundamental.

Ed Seykota dan Jim Rogers, dua orang trader yang sangat terkenal di dunia mengatakan kalau sangat mustahil sebuah perdagangan emas online bisa berjalan sebagaimana mestinya kalau hanya mengandalkan analisa teknikal saja. Kombinasi antara keduanya inilah yang membuat perdagangan emas online menjadi jauh lebih baik.

Analisa teknikal menggunakan banyak pendekatan yang menggunakan data data eperti perhitungan grafik, support & resistance, dan indikator teknikal.

Ini dikarenakan dalam analisa teknikal banyak melibatkan pola dalam sebuah harga yang terbentuk dari sejarah harga yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Analisa ini bertujuan untuk menentukan probabilitas waktu dan tempat untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk masuk ke dalam pasar dan kapan waktu yang tepat untuk keluar dan mengambil keuntungan.

Analisa fundamental mendalami beberapa faktor yang secara langsung mempengaruhi perekonomian dalam satu negara yang mempengaruhi pergerakan emas secara global. Nah dengan mengetahui faktor faktor yang sudah disebutkan ini seorang investor dapat mengetahui probabilitas kemana harga akan bergerak.

Kebijakan kebijakan politik atau finansial, indikator perekonomian, faktor faktor sosial dan juga kondisi perekonomian baik itu yang terjadi di dalam negeri ataupun yang sedang terjadi secara global inilah yang kemudian membuat harga emas berfluktuasi setiap harinya.

KESIMPULAN

Dari dua pembahasan sebelumnya dapat ditarik beberapa kesimpulan :

Analisa Fundamental

Membutuhkan sedikit waktu untuk mengambil berita dan data
Hasilnya lebih subyektif
Kalau hanya mengandalkan analisa ini tidak akan terlalu efektif

Analisa Teknikal

Perhitungannya cukup banyak untuk mendapatkan sebuah data
Mutlak dan perlu memiliki kemampuan membaca sebuah chart
Cocok untuk investasi jangka panjang

Dari kedua kesimpulan diatas sebenarnya cukup jelas terlihat disini adanya perbedaan yang sangat jelas antara Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal. Dan kedua perbedaan inilah yang membuat keduanya saling mendukung satu sama lain untuk membuat sebuah analisa menjadi jauh lebih akurat.

You may also like...

WhatsApp us