Apa Itu NFP dan Pengaruhnya Terhadap Trading

Ini adalah data yang paling ditunggu tunggu oleh trader karena pada saat rilisnya data ini tidak jarang terjadi lonjakan harga yang sangat signifikan dan ini adalah kesempatan untuk mendapatkan profit yang cukup besar dalam satu kesempatan trading. Non Farm Payrolls atau yang sekarang dikenal sebagai Non Farm Employment change adalah data laporan jumlah upah yang dibayarkan kepada tenaga kerja AS di luar pegawai pemerintah, pegawai dalam setiap rumah tangga, pegawai yang bekerja pada organisasi LSM atau non profit atau nirlaba dan buruh tani.

Laporan NFP ini dirilis oleh US Bureau of Labor Statistics atau Lembaga Biro Pusat Statistik AS setiap satu bulan sekali pada hari Jumat, minggu pertama pada awal bulan pada jam 19.30 / 20.30.

apa itu nfp

D data yang diperoleh ini menunjukkan jumlah tenaga kerja yang baru dari sektot non pertanian, termasuk juga data data pekerja penuh dan paruh waktu. Mengapa data ini mempunyai pengaruh yang sangat kuat karena NFP ini sendiri memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap terciptanya lapangan kerja yang menjadi indikator paling penting untuk mengukur pengeluaran konsumen. Data ini mencerminkan kondisi terbaru dari sektor industri dan juga komersial Amerika secara keseluruhan.

Ini berarti semakin tinggi nilai NFP (termasuk juga lebih tinggi dari ekspektasi) maka bisa dikatakan semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi Amerika.

DATA PENDUKUNG NON FARM PAYROLLS

apa itu nfp

Di NFP ini juga menjadi sebuah indikator yang sangat penting karena data ini akan mengiringi ekonomi secara keseluruhan dan juga akan membantu The Fed dalam evaluasi pasar tenaga kerja di Amerika dan juga evaluasi kondisi bisnis yang terkait dengan banyak perusahaan dan industri. Inilah mengapa The Fed selalu memberikan porsi perhatian khusus dalam rilisnya laporan ini, dan juga dibahas dalam FOMC (Federal Open Market Committee).

FOMC itu sendiri adalah lembaga yang menjadi bagian dari The Fed yang menetapkan kebijakan mengenai tingkat suku bunga dan kredit. Dengan perhatian khusus yang diberikan The Fed dan dibahas juga dalam FOMC membuat FOMC Minutes kemudian menjadi salah satu data fundamental yang juga ditunggu tunggu oleh para trader.

FOMC secara periodic membuat pertemuan sebanyak 8x dalam satu tahun untuk membahas mengenai pentingnya perubahan kebijakan moneter yang salah satu indikatronya adalah Non Farm Payrolls (NFP)

apa itu nfp

Kalau NFP adalah salah satu indikator utama yang mempengaruhi berbagai keputusan FOMC, maka jangan lupakan juga dengan dua data yang cukup mempengaruhi rilisnya data NFP, Unempoyment Claims dan ADP Non-Farm Employment Change.

Hubungan antara kedua data ini cukup terlihat jelas kalau kita jeli untuk mengukur seberapa besar kekuatan NFP.

Unemployment Claims :

Data ini menghitung seberapa banyak orang yang tidak berhasil mendapatkan asuransi pengangguran untuk pertama kalinya hingga minggu sebelum data ini rilis. Dampaknya adalah kalau unemployment claims naik, maka mata uang akan melemah. Data ini juga berlaku untuk negara negara lainnya diluar AS.

ADP Non-Farm Employment Change :

Data perubahan jumlah orang yang dipekerjakan pada bulan bulan sebelumnya dimana tidak termasuk di dalamnya pemerintah dan sektor industri pertanian.

Dimana kalau terjadi penurunan pada kedua data ini maka biasanya yang terjadi adalah kenaikan pada data NFP yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS.

APA YANG HARUS DILAKUKAN MENJELANG RILIS NFP?

apa itu nfp

Seperti yang sudah dikatakan diatas, rilisnya NFP adalah data yang paling ditunggu tunggu oleh trader dari seluruh dunia mana pun, karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam satu kali trading.

Kebanyakan yang dilakukan oleh para trader menjelang berita ini rilis adalah benar benar konsentrasi pada computer dan memasang banyak pending order untuk menjaga berbagai kemungkinan yang terjadi.

Apakah harus seperti itu?

Sebenarnya ada benarnya juga seperti itu, namun disisi lain tidak perlu sekhawatir itu dalam menghadapi berita ini. Karena tidak jarang data NFP ini membuat panik banyak trader karena volatilitasnya yang sangat tinggi sekali.

Saran terbaik adalah sebaiknya jangan lakukan trading pada pagi atau siang hari, karena tidak jarang saat menjelang data ini rilis harga malah flat tidak bergerak sejak open market hingga menjelang rilis data. Gunakan wakktu ini untuk mencari semua referensi mengenai bocoran data NFP yang bisa jadi hanya berupa sentiment sekecil apapun yang bisa dijadikan sumber referensi.

Mulailah trading satu jam hingga 30 menit menjelang data rilis dan pasang pending order pada harga harga yang sudah anda perkirakan kemana harga akan bergerak.

Namun berhati hatilah pada data ini, karena tidak jarang pada saat rilis  data harga akan bergerak sangat cepat dan tidak jarang juga trader tidak mendapatkan harga yang diinginkan, dan juga yang cukup sering terjadi adalah bergesernya pending order dari posisi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jangan lupakan Stop Loss untuk membatasi kerugian anda.

Tradinglah secara bijak

You may also like...

WhatsApp us