Cara Mudah Trading Scalping

Bagi anda yang sudah lama trading pastilah tidak asing dengan teknik trading yang bernama scalping, sebuah teknik trading paling sederhana dan paling mudah bagi para trader pemula. Namun pada perjalanannya tidak hanya trader pemula saja yang menggunakannya. Ada cukup banyak trader yang sudah malang melintang di dunia trading masih menggunakan teknik trading yang satu ini, inilah mengapa akhirnya teknik trading scaping menjadi salah satu teknik trading yang paling simpel dan paling sederhana.

APA ITU SCALPING

teknik trading scalping

Teknik ini dimulai saat grafik mengalami stagnasi dengan bergerak zig zag menyamping, cukup berbeda dengan teknik averaging yang mengharuskan untuk menghitung rata rata keuntungan di masing masing level supaya kerugian yang muncul dapat diminimalisir. Kondisi grafik yang zig zag dan menyamping ini kemudian menciptakan sebuah kondisi ideal bagi para scalper untuk dapat mendapatkan keuntungan dari sebuah kondisi yang tidak menguntungkan.

Tidak banyak memang yang didapatkan dari hasil scalping, mudahnya hanya berburu recehan namun dalam kuantitas yang banyak dalam time frame yang kecil. Dengan begini kerugian yang muncul pun juga terminimalisir karena minim nya keuntungan yang didapatkan.

Biasanya teknik ini digunakan bersamaan dengan martingale yang menggunakan perkalian 2 atau bahkan 4 untuk menutupi kerugian yang terjadi di posisi sebelumnya. Namun harus berhati hati karena kesalahan dalam teknik martingale akan mengakibatkan kerugian juga akan tergandakan.

STRATEGI TEKNIK TRADING SCALPING

teknik trading scalping

Teknik ini bisa dikatakan adalah teknik yang sangat sederhana dengan cara yang sederhana pula. Dengan semakin seringnya anda melakukan dipastikan akan dapat melakukannya dengan cara cara yang lebih sederhana. Inilah hal hal yang patut anda pertimbangkan untuk menerapkan teknik trading scalping ini.

  • Pahami dengan benar teknik martingale

Pertama tama anda harus memahami dengan baik teknik martingale, karena teknik ini adalah dasar dari scalping. Cara mudahnya adalah dengan menggandakan jumlah lot setiap kali anda mendapatkan kerugian. Langkah selanjutnya adalah setiap kali seorang trader mengalami floating loss, maka trader tersebut akan membuka posisi yang sama dengan jumlah lot dua kali dari jumlah lot yang digunakan pertama kali. Dengan begini diharapkan saat harga bergerak ke posisi yang diharapkan, BEP akan terjadi di tempat pertama kali open posisi. Cara yang cukup efektif namun cukup beresiko.

  • Dapat membaca grafik dengan baik

Strategi ini membutuhkan teknik pembacaan grafik yang cepat, baik itu untuk membaca tren ataupun menentukan support resistance. Saat harga sudah melebihi support maka anda sudah harus cut loss untuk menghindarkan anda melakukan martingale dan terjebak dalam floating loss yang cukup besar.

  • Modal besar

Ini dapat juga mempermudah pergerakan anda, namun berhati hatilah karena modal besar ini juga dapat meningkatkan resiko anda. Karena anda akan selalu merasa memiliki cadangan lot yang cukup besar untuk melakukan martingale dan itu akan sangat merugikan anda. Mulailah dengan lot yang kecil untuk mendapatkan hasil yang sempurna

  • Selalu gunakan minimal dua time frame chart yang berbeda

Ini akan sangat berguna dalam perhitungan grafik karena yang satu berada dalam time frame besar dan yang satunya dalam time frame kecil untuk melakukan eksekusi. Gunakakan M30 untuk menentukan support resistance dan gunakan M5 untuk melakukan eksekusi, bisa juga tambahkan M1 untuk memantabkan posisi anda.

CARA TERMUDAH TEKNIK SCALPING

Setelah memahami aturan aturan diatas sekarang ini saatnya mempraktekkannya dalam trading. Selalu awali pembelajaran teknik trading baru anda di akun demo, jangan sekali sekali melakukannya langsung di akun real untuk meminimalisir resiko.

Aturan umum :

  • Gunakan pair apapun, yang direkomendasikan adalah USD/JPY atau EUR/USD atau GBP/USD
  • Time frame yang digunakan adalah M30 dan M5, bisa juga tambahkan M1
  • Indikator yang digunakan adalah Exponential Moving Average dengan period 20.

teknik trading scalping

Prinsip dasar pembukaan posisi :

  • M30 untuk melihat support resistance
  • Saat arah EMA di time frame 5 menit searah dengan EMA di time frame 1 menit, itu adalah saat untuk open posisi

Satu yang harus anda ingat disini, scalping adalah trading jangka pendek, saat sudah mendaatkan profit 2-3 pips segera lepas posisi anda dan segera ambil keuntungannya. Jangan lupa untuk memasang Stop Loss di 5 pips untuk management resiko nya.

 

You may also like...

WhatsApp us