Dasar Analisa Teknikal

Analisa teknikal menggunakan banyak pendekatan yang menggunakan data data eperti perhitungan grafik, support & resistance, dan indikator teknikal.

Ini dikarenakan dalam analisa teknikal banyak melibatkan pola dalam sebuah harga yang terbentuk dari sejarah harga yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Analisa ini bertujuan untuk menentukan probabilitas waktu dan tempat untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk masuk ke dalam pasar dan kapan waktu yang tepat untuk keluar dan mengambil keuntungan.

Likuiditas pasar perdagangan emas yang cukup tinggi membuat pergerakan permintaan permintaan dan penawaran terus bergerak dari waktu ke waktu. Pergerakan inilah yang kemudian membuat sebuah sejarah harga yang digunakan untuk membuat sebuah pola yang dapat menentukan pergerakan harga di masa mendatang.

Mungkin sekarang yang ada di benak anda adalah bagaimana cara membuat sebuah probabilitas yang sudah saya sebutkan diatas? Ada tiga hal terpenting dalam analisa teknikal yang bisa digunakan untuk menghitung sebuah probabilitas.

1. Chart dan Grafik

Ini adalah hal yang paling penting dari sebuah analisa teknikal, karena tanpa keduanya maka tidak akan ada yang dianalisa dalam analisa teknikal. Chart dan grafik membentuk sebuah pola, pola membentuk sejarah harga. Sejarah harga inilah yang kemudian dianalisa untuk membuat sebuah probabilitas kemana harga akan bergerak di masa mendatang.

Ada tiga tipe chart yang banyak digunakan dalam dunia perdagangan emas online, yaitu Line, Bar dan Candlestik. Tipe chart candlestik inilah yang kemudian menjadi tipe chart yang paling populer di kalangan para investor perdagangan emas.

2. Indikator

Indikator ini adalah hal yang paling penting dalam sebuah analisa, karena indikator inilah yang akan menghitung probabilitas dari sebuah chart untuk memperkirakan harganya di masa mendatang.

Namun ada juga beberapa investor yang tidak menggunakan indikator sama sekali dan mengandalkan sebuah chart kosong saja, teknik ini disebut juga dengan naked trading.

3. Teknik atau Metode Transaksi

Secara simpelnya chart + indikator = teknik / metode transaksi. Inilah yang kemudian menghasilkan probabilitas harga dan menentukan entry exit nya.

You may also like...

WhatsApp us