Legalitas

Hal terpenting yang pertama kali harus anda lakukan sebelum anda benar benar masuk ke dalam dunia trading emas online adalah anda harus benar benar mengecek perusahaan pialang dimana anda akan melakukan transaksi. Perusahaan pialang tersebut harus memiliki legalitas resmi dan memiliki dasar hukum yang jelas untuk memastikan semua berjalan seperti yang diharapkan.

Legalitas disini adalah perusahaan pialang tersebut harus memiliki izin pialang dan memiliki wakil pialang resmi yang terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi). Legalitas ini jelas sangat penting karena kalau sampai seorang investor melakukan transaksi dengan perusahaan pialang yang tidak terdaftar di BAPPEBTI, maka keamanan dana investor tersebut tidak akan terjamin dan sama sekali tidak ada perlindungan bagi para investor terhadap dana yang mereka tanamkan di perusahaan pialang tersebut.

Anda pasti sudah sering mendengar cerita mengenai sebuah perusahaan pialang ilegal yang membawa kabur dana investor dan celakanya investor tidak bisa melakukan apa apa dikarenakan perusahaan pialang tersebut tidak terdaftar di BAPPEBTI dan tidak berada dalam pengawasan pemerintah.

 

Inilah pentingnya sebuah legalitas perusahaan dimana izin izin resmi membuat seorang investor merasa aman karena berada di perusahaan yang memang tepat dan resmi.

Pengawasan perusahaan pialang di Indonesia yang mencangkup izin dan pegawasan semua kegiatan investasi dilakukan oleh tiga instrumen pemerintah, yaitu BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), BBJ (Bursa Berjangka Jakarta) dan KBI (Kliring Berjangka Indonesia).

Ketiga instrumen pemerintah ini memiliki fungsinya masing masing dalam mengawasi semua kegiatan dalam sebuah perusahaan pialang yang berhubungan dengan transaksi dan bursa.

legalitas broker

 

BBJ (Bursa Berjangka Jakarta / Jakarta Futures Exhange)
Bursa perdagangan komoditi berjangka (Futures)

BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi)
Regulator dari perdagangan komoditi berjangka
Pengawasan dan pelaksanaan SPA (Sistem Perdagangan Alternatif)
Berada langsung dibawah Departemen Perdagangan

KBI (Kliring Berjangka Indonesia)
Pengawas segregated account pialang
Transaksi kliring
Menunjuk langsung bank penyimpan

Dengan adanya ketiga perusahaan pemerintah ini, semakin menegaskan kalau perusahaan pialang yang resmi dan legal di Indonesia adalah perusahaan yang terdaftar resmi di BBJ, BAPPEBTI dan KBI yang merupakan badan resmi otoritas perdagangan berjangka.

Jadi jangan sekali sekali melakukan transaksi di perusahaa pialang yang tidak terdaftar resmi. Anda bisa melihat daftar perusahaan resmi dan legal di Indonesia disini

https://bappebti.go.id/pialang_berjangka

Selain itu ada juga perusahaan pialang berjangka yang izinnya sudah dicabut oleh BAPPEBTI, sehingga sekarang perusahaan ini sudah tutup, atau kalaupun mereka masih menjalankan aktifitasnya perusahaan ini adalah perusahaan ilegal. Anda bisa melihat daftar perusahaan pialang yang sudah dicabut izinnya disini

https://bappebti.go.id/pialang_berjangka_cabut

Yang harus anda pahami disini adalah, dana anda benar benar dijamin oleh pemerintah namun bukan berarti dijamin keuntungan ataupun kerugian transaksinya, namun yang dijamin adalah keamanan dana yang anda tanamkan di perusahaan pialang benar benar dijamin pemerintah dan dihindarkan dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab yang akan melarikan dana investor. Anda tentunya sudah sering mendengar berita mengenai ini bukan?

Cara Kerja Pialang Resmi

Sebelum anda memulai transaksi anda sebelumnya harus benar benar memahami bagaimana BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), BBJ (Bursa Berjangka Jakarta) dan KBI (Kliring Berjangka Indonesia) bekerja.

Pertama dana investor yang diinvestasikan ke dalam sebuah perusahaan pialang akan masuk ke dalam segregated account atau rekening terpisah, dimana rekening ini berbeda dengan rekening perusahaan dan dana anda yang ada di dalam rekening ini akan diawasi langsung oleh KBI. Dengan begini yang bisa mengakses masuk ke dalam account tersebut hanyalah investor itu sendiri dan tidak ada lagi oknum naka yang bermain main dengan dana yang ada di dalam segregated account.

Anda harus berhati hati jika bertemu dengan oknum pialang yang terlampau memberikan janji manis dan berlebihan, ini dikarenakan ada dua kemungkinan

Kemungkinan pertama, perusahaan pialang tersebut memang benar benar resmi terdaftar di BAPPEBTI, namun dana investor yang masuk tidak dimasukkan ke dalam rekening terpisah yang resmi.

Kemungkinan kedua, perusahaan pialang tersebut adalah pialang ilegal yang tidak terdaftar di BAPPEBTI dan sudah dipastikan kalau dana masuk melalui rekening pribadi.

Untuk memastikan anda masuk ke segregated account yang resmi dan diawasi langung oleh KBI dan BAPPEBTI, anda bisa mengeceknya disini dengan klik di detail perusahaan.

https://bappebti.go.id/pialang_berjangka

Cara Membedakan Pialang Legal dan Ilegal

Anda tidak perlu bingung lagi dalam menghadapi perusahaan pialang, karena ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk dapat mendeteksi pialang ilegal supaya anda tidak terjebak di perusahaan pialang yang malah justru akan merugikan anda.

1. Anda harus benar benar memastikan kalau pialang tersebut memiliki izin resmi dari BAPPEBTI, cara mendeteksinya cukup mudah anda tinggal masuk ke website resmi nya dan biasanya kopi izin resmi pialang tersebut tercantum disana. Kemudian anda tinggal melihat dan mencocokkan dengan yang terdaftar di BAPPEBTI.

2. Pastikan dana anda dimasukkan langsung ke rekening terpisah (segregated account) resmi yang terdaftar di BAPPEBTI.

3 .Anda harus mencurigai perusahaan pialang yang terlalu berlebihan dalam melakukan promosinya.

Cukup mudah bukan?

You may also like...

WhatsApp us